Ini 7 Alasan Kenapa Orang Gagal dalam Bangun Bisnis

News Of Energy - Dengan semakin berkembangnya arus digital, peluang untuk menjadi seorang pebisnis semakin besar. Walaupun menjadi pebisnis itu sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak bisnis yang sudah bisa bertahan selama puluhan tahun harus gulung tikar karena tidak ada inovasi, kehabisan modal, hingga permasalahan di pendirinya.
Dilansir dari berbagai sumber dan mengumpulkan berbagai kesalahan berbisnis yang disebabkan oleh seorang founder.
1. Takut gagal
Salah satu penyebab kenapa masih banyak orang Indonesia enggan memulai bisnis adalah perasaan takut akan kegagalan dan dinilai buruk oleh lingkungan sekitar. Padahal, kegagalan adalah kewajiban bagi seorang pebisnis. Pasalnya, semakin banyak kegagalan yang dihadapi, semakin besar pula peluang untuk menghindari kegagalan.
2. Anti kritik
Selain takut gagal, orang Indonesia masih banyak yang bersikap negatif atau anti kepada kritik. Begitu dikritik, bukannya dijadikan motivasi malah membuatnya terpuruk atau bahkan tak mengindahkannya sama sekali. Hasilnya, banyak yang gagal. Padahal, kritik adalah salah satu bentuk perhatian yang bisa saja membuat bisnis dapat terus berkembang.
3. Tidak mau belajar
Salah satu inti dari menjadi pebisnis sukses adalah kesediaannya untuk terus belajar. Banyak bisnis yang telah terbukti berhasil karena keinginan dari foundernya untuk terus belajar. Dengan terus mempelajari berbagai bidang dan hal baru, membuat pengetahuannya semakin kaya dan mampu mengembangkan bisnisnya ke arah yang bahkan tak terduga oleh para pesaingnya.
4. Enggan beradaptasi
Adaptasi atau mengikuti tren juga merupakan kunci terbaik dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Adaptasi erat kaitannya dengan keinginan untuk terus belajar. Dengan belajar, seorang pebisnis mampu merespons berbagai tren sesuai produknya masing-masing dan tidak hanya ikut-ikutan dengan pesaingnya saja.
5. Tidak fokus
Mengembangkan bisnis berarti memberikan seratus persen kemampuan untuk bisnis tersebut. Jika setengah-setengah, maka hasilnya pun juga akan setengah-setengah. Pilih satu bidang dan tekuni. Dengan menekuninya kamu bisa lebih fokus mengembangkannya. Pasalnya, banyak bisnis yang sebenarnya memiliki peluang yang begitu besar, tetapi karena tidak fokus dan foundernya mencoba berbagai bidang akhirnya malah terbengkalai bahkan tidak ada yang berhasil.
6. Gagal mengatur waktu
Kegagalan dalam mengelola waktu dapat membuat bisnis menjadi berantakan. Tak hanya bekerja secara keras, seorang founder haruslah mampu bekerja secara cerdas. Berbagai alat bantu digital kini telah banyak tersedia dan kamu bisa mulai memanfaatkannya agar kamu bisa bekerja secara lebih efisien.
7. Mengerjakan segalanya sendiri
Selama merintis bisnis, kamu harus mengerjakan segalanya sendiri. Tetapi, ketika bisnis sudah semakin berkembang, kamu haruslah mampu bekerja dengan orang lain. Sebab, jika kamu masih mengerjakan sendiri, maka bisnis pun juga tidak akan berkembang. Pasalnya, semakin berkembang sebuah bisnis, semakin banyak pula yang harus dikerjakan. Jadi, jangan ragu untuk mendelegasikan sebagian pekerjaanmu kepada orang lain yang memiliki kemampuan lebih.
Itulah beberapa hal yang bisa membuat seorang founder gagal mengembangkan bisnisnya secara optimal.


Sumber : Akurat.co

Komentar