5 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Mendengar Azan Subuh

News Of Energy - Sehari-hari, kita bisa mendengar minimal lima kali azan dikumandangkan. Azan dikenal sebagai panggilan ibadah untuk menunaikan salat fardu. Di dalamnya terdapat sejumlah keutamaan.
Terdapat beberapa Amalan yang bisa dilakukan ketika kita mendengar Azan Subuh, seperti yang disebutkan oleh Ibnul Qayyim.
1. Mengucapkan seperti apa yang diucapkan oleh muazin
Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, “Jika kalian mendengar muazin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muazin. Kemudian berselawatlah untukku. Karena siapa yang berselawat kepadaku sekali, maka Allah akan berselawat padanya sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafaatku.” (HR. Muslim no. 384)
2. Berselawat kepada Rasulullah
Saat mendengar Azan Subuh, kita juga dianjurkan untuk berselawat kepada Rasulullah.
“Allahumma sholli ‘ala Muhammad”
Selain itu, kita juga bisa membacakan selawat ibrahimiyyah seperti yang dibaca saat tasyahud.
3. Meminta wasilah yang ditujukan kepada Rasulullah
Mintalah kepada Allah wasilah dan keutamaan saat mendengar Azan Subuh. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.
Dari Jabir ra, Rasulullah berkata, “Siapa yang mengucapkan setelah mendengar azan, ‘Allahumma robba hadzihiz da’watit taammah wash sholati qooimah, aati muhammadanil wasillata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa’adtah’, maka ia akan mendapatkan syafaatku kelak.
Doa tersebut memiliki arti, “Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), salat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya.”
4. Membaca doa yang supaya dosanya diampuni
Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robba wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa.
Jika membaca doa tersebut, maka dosa yang telah kita perbuat akan diampuni.
5. Memanjatkan doa sesuai keinginan
Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara azan dan Iqomah, maka berdoalah (kala itu).” (HR Ahmad)

Wallahualam. 

Sumber : Akurat.co

Komentar